Penyebab Kram Kaki Tiba-tiba

Tabel of Content [View]
Faniujangherbal.blogspot.com - Umumnya kram akan timbul ditengah aktivitas yang di picu oleh suatu alasan misalnya karena otot terlalu lelah sebab sering digunakan, kekurangan elektrolit atau dehidrasi. Adapun elektrolit seperti kalium dan magnesium yang bisa membantu otot bekerja lebih baik dan elektrolit akan di proses oleh cairan.

Penyebab Kram Kaki Tiba-tiba





Secara umum gejala kram otot terjadi pada kaki begian betis. Rasa sakit akan timbul dengan tiba-tiba dan menusuk dan disertai benjolan keras di bawah kulit.

Kram otot ini disebabkan oleh ketegangan otot, terlalu sering menggunakan otot, kekurangan cairan atau berada dalam satu posisi dengan waktu yang ama. Tetapi di sejumlah kasus tidak ditemukan penyebab terjadinya kram otot. Meskipun kram otot dalam sebagian besar kasus tidak berbahaya, terdapat sejumlah kasus disebabkan oleh kondisi medis seperti:

Kurangnya aliran darah

Saat terjadi penyempitan pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke kaki bisa menyebabkan rasa nyeri seperti kram pada kaki. Ini bisa terjadi ketika berolahraga dan akan mereda saat beristirahat.

Saraf tertekan

Adanya saraf yang tertekan pada tulang belakang bisa menimbulkan rasa sakit seperti kram pada kaki. Adapun rasa sakit akan bertambah bila kaki tetap digunakan untuk berjalan.

Kurangnnya mineral

Kekurangan asupan mineral, seperti kalsium, kalium, dan magnesium bisa menyebabkan timbulnya kram kaki. Umumnya konsumsi obat tertentu seperi golongan diuretik bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak mineral sehingga dapat terjadi efek samping saat konsumsinya.

Selain itu, ada sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebab meningkatkan seseorang mengalami kram pada kaki, yaitu:
  • Usia lanjut
  • Dehidrasi/kekurangan cairan
  • Kehamilan
  • Kondisi medis tertentu


Apa yang harus dilakukan saat Kram Kaki datang?


Kram otot bisa diredakan dengan perawatan sendiri seperti melakukan gerakan peregangan, memijat kaki, atau mengompres dengan air hangat. Hal tersebut dilakukan guna membuat rileks  otot. Saat kram sudah mulai mengganggu tidur atau kegiatan, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Demikian pembahasan mengenai informasi penyebab kram kaki tiba-tiba, semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat.