Manfaat Luar biasa Dari Cacing Tanah Bagi Kesehatan

Tabel of Content [View]
Manfaat Cacing Tanah - Faniujangherbal.blogspot.com - Dibalik rasa geli pada cacing tanah, ternyata hewan ini memiliki manfaat yang luar biasa selain berperan sebagai penyubur tanah yang handal dan sering digunakan untuk umpan pancing yang ampuh. Nah, apa sajakah manfaat lainnya dari Hewan ini? Simak informasi lengkapnya berikut.

Manfaat Luar biasa Dari Cacing Tanah Bagi Kesehatan




Manfaat cacing secara langsung untuk tubuh manusia, caranya dengan mengonsumsi minuman estrak cacing tanah yang telah di proses secara higienis. Berikut merupakan manfaat yang dihasilkan cacing tanah bagi kesehatan tubuh kita :

1. Meningkatkan sistem imun tubuh


Kandungan antibakteri dan asam aminonya yang tinggi, estrak cacing tanah ini membuat kekebalan tubuh meningkat dan melawan berbagai virus, jamur dan bakteri. Hal ini akan memberi perlindungan terhadap tubuhdan tidak akan mudah jatuh sakit. Tetapi tetap harus dibarengi dengan pola hidup dan pola makan yang baik dan sehat.

2. Antibakteri


Obat tifus yang ampuh ialah estrak dari cacing tanah, karena cacing tanah mempunyai sifat anti bakteri sehingga dapat melawan bakteri penyebab tifus yaitu bakteri salmonella typhi. Tetapi, pengobatan tifus ini tidaklah bisa dijadikan sebagai pengobatan utama, tindakan medis dan rangkaian pengobatan yang disarankan dokter juga perlu tetap dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. Menambah Energi


" Cacing tanah mengandung 76% protein yang berarti lebih banyak dari pada yang dimiliki telur yang biasa dimakan. Hal ini baik karena selain proteinnya yang tinggi kandungan kalori yang dimiliki cacing tanah malah rendah sehingga sangat baik untuk asupan nutrisi tubuh, " berdasarkan bukti dari penelitian. 

4. Menjaga kesehatan saluran darah dan jantung


Selain melawan bakteri jahat, ekstrak cacing juga memiliki enzim yang dapat meluruhkan kolesterol jahat yang menumpuk dan menyumbat pembuluh darah. Kondisi ini jika dibiarkan tanpa penanganan akan sangat membahyakan dan bahkan mendekatkan diri pada kematian. Maka, perlulah  untuk selalu peduli pada kesehatan jantung dan seluruh sistem peredaran darah kamu.

5. Mempercepat penyembuhan luka pada kulit


Sifat antibakteri pada cacing juga membantu kulit yang terluka terhindar dari infeksi dan bahaya berkelanjutan yang mengintainya. Serta asam arakidonat dalam estrak cacing tanah mampu merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru sehingga proses penyembuhan luka akan lebih cepat dan efektif.

Itulah pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat cacing tanah bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.