Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Tabel of Content [View]
Kesehatan Telinga - Faniujangherbal.blogspot.com - Terpapar suara keras secara berulang ialah satu penyebab umum kehilangan pendengaran permanen. Adapun kerusakan akan berkembang secara perlahan dan tanpa rasa sakit atau gejala lainnya sehingga seseorang tidak menyadari sedang mempunyai gangguan telinga hingga parah.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga



Cara mencegah kerusakan pendengaran akibat suara keras/kebisingan


Saat terus menerus terpapar suara keras akan mengakibatkan kerusakan sensor suara pada telinga. Berikut ini merupakan hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan resiko gangguan pendengaran akibat kebisingan, di antaranya:
  • Hindari sumber kebisingan yang berbahaya.
  • Gunakan pelindung pendengaran saat akan beraktifitas disekitar sumber kebisingan yang berbahaya, seperti penyumbat telinga/penutup telinga.
  • Kontrol volume pada radio, televisi, atau stereo serta kurangi frekuensi dalam menggunakan alat elektronik untuk mendengarkan musik dengan earphone.

Penting untuk Anda ketahui bahwa kerusakan alat pendengaran karena masalah kebisingan tidak bisa kembali normal. Namun, bila telah mempunyai sejumlah gangguan pendengaran maka akan diperlukan usaha untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah dan menjaga keadaan pendengaran saat ini.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga dari Beberapa Penyebab Selain Kebisingan


Dalam menurunkan resiko gangguan pendengaran bisa dilakukan sejumlah langkah berikut:
  • Tidak menggunakan kapas atau catton buds atau jepit rambut untuk menghilangkan kotoran telinga atau menggaruk telinga.
  • Saat melakukan perjalanan udara lakukan aktivitas menelan dan menguap ketika pesawat akan mendarat. Bila mempunyai masalah pernafasan bagian atas seperti flu, pilek, atau infeksi sinus maka konsumsi obat dekongestan beberapa jam sebelum mendarat atau gunakan semprotan dekongestan sesaat sebelum mendarat.
  • Berhenti merokok. Hal ini karena resiko untuk kehilangan pendengaran bisa meningkat saat seseorang merokok.
  • Pastikan anak menerima semua imunisasi yang dianjurkan guna melindungi dari meningitis serta kondisi lain yang bisa menyebabkan masalah pendengaran.

Batasi penggunaan earphone ketika mendengarkan musik bisa mengurangi kerusakan pendengaran.

Itulah sejumlah informasi mengenai cara menjaga kesehatan telinga yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.