Mencegah Hipertensi

Tabel of Content [View]
Selamat bergabung kembali di situs faniujangherbal.blogspot.com yang mana merupakan penyedia beragam informasi kesehatan yang akan menarik untuk Anda simak. Dikesempatan baik ini, kami akan berbagi informasi mengenai langkah mencegah hipertensi. Ingin tahu selengkapnya? Simak berikut ini.

Mencegah Hipertensi





Diketahui bahwa dengan konsumsi makanan sehat sering kali dikaitkan dapat mengontrol tekanan darah agar tetap stabil atau mencegah terjadinya hipertensi. Adapuun dengan mencegah hipertensi bisa menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Berikut ini merupakan beberapa gaya hidup sehat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hipertensi, di antaranya:

Konsumsi makanan sehat


Mengkonsumsi banyak buah dan sayur segar bisa membantu mencegah terjadinya hipertensi dan komplikasinya. Sangat diharuskan juga untuk membatasi penggunaan garam.

Menjaga berat badan


Mempunyai berat badan yang masuk dalam kategori kegemukan atau obesitas bisa meningkatkan resiko hipertensi. Lakukan hitungan indeks (IMT) untuk mengetahui berat badan ideal.

Melakukan aktivitas fisik


Aktifitas fisik bisa membantu mengontrol berat badan untuk tetap normal dan mampu menurunkan tekanan darah. Aktifitas fisik direkomendasikan 30 menit setiap hari seperti jalan cepat, jogging, berenang, dan juga bersepeda. Anak-anak dan remaja juga diperlukan melakukan aktivitas fisik selama 1 jam setiap harinya.

Berhenti merokok


Menghisap rokok bisa meningkatkan tekanan darah tinggi dan resiko mengalami serangan jantung dan stroke.

Berhenti konsumsi alkohol


Minuman beralkohol akan meningkatkan tekanan darah sehingga konsumsi alkohol perlu dibatasi untuk mencegah terjadinya hipertensi.

Selain beberapa langkah diatas, hal penting  yang harus dilakukan untuk mencegah hipertensi ialah rutin melakukan tensi.

Demikian pembahasan mengenai lengkah mencegah hipertensi. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat.